Pesawat Hipersonik Tempuh London-Sydney 49 Menit


Peluncuran ini merupakan yang kedua bagi Falcon. Peluncuran pertama Falcon April tahun lalu berakhir prematur karena hanya mampu mengudara selama sembilan menit.


Sydney, PelitaOnline - Mungkinkah perjalanan dari London, Inggris ke Sydney, Australia ditempuh kurang dari satu jam? Lockheed Martin akan membuktikannya pekan ini.

Produsen pesawat terbang asal Amerika Serikat itu akan mengujicoba sebuah pesawat prototipe yang dipercaya dapat melesat dengan kecepatan 20.921 kilometer per jam atau 20 kali kecepatan cahaya.

Artinya, dalam kecepatan penuh, pesawat yang diberi kode Falcon Hypersonic Technology Vehicle 2 itu mampu menempuh 17 ribu kilometer atau dari London ke Sydney hanya dalam waktu 49 menit.

Proyek yang didanai oleh badan penelitian untuk pertahanan Amerika Serikat (DARPA) itu rencananya akan diluncurkan dengan bantuan roket Minatour IV markas angkatan udara AS, Vandenberg, di barat laut Santa Barbara, Kamis (11/8) pagi waktu setempat.

Setelah diluncurkan, Falcon akan terpisah dari Minatour untuk melesat di atas Samudera Pasifik. Pesawat hipersonik tersebut diharapkan jatuh di perairan wilayah pulau karang Kwajalein, sekitar 6.400 kilometer dari Vandenberg, satu setengah jam setelah diluncurkan.

Peluncuran ini merupakan yang kedua bagi Falcon. Peluncuran pertama Falcon April tahun lalu berakhir prematur karena hanya mampu mengudara selama sembilan menit.


(SMH/Kamal)


Sumber :
http://www.pelitaonline.com/read/ipt...dney-49-menit/

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host