Hati-Hati Pola Password Smartphone Anda Mudah Dikenali


OSLO - Password atau kata sandi di smartphone, menjadi salah satu hal yang terpenting dalam mengamankan data Anda. Tahukan Anda, jika kata sandi yang digunakan pengguna Android ternyata mudah diketahui.
Mengutip Phone Arena, Minggu (23/8/2015), sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Norwegian University of Science and Technology, Marte Loge, menjawab hal itu.
Peneliti menemukan, banyak dari pengguna Android yang mengatur password berbasis pola (pattern) di perangkat mereka dengan bentuk-bentuk yang mudah diketahui orang lain.
Hasil temuan Loge, lebih dari 77 persen pola dimulai dari salah satu titik dari empat sudut pattern, sedangkan 44 persen pola dibuat dari pojok kiri atas.
Tentu saja, semakin banyak node (simpul) yang dibuat akan semakin menyulitkan seseorang untuk menebak password Anda. Penelitian Loge menunjukkan, jumlah rata-rata simpul yang digunakan seseorang untuk membuat pola adalah empat dan lima.
Dengan menggunakan lima simpul saja, password yang Anda buat akan memiliki kemungkinan untuk ditebak sebanyak 7.152 kali. Jika hanya membuat empat simpul, memiliki kemungkinan untuk dibuka secara random mencapai 1.624 kali.
Loge melanjutkan, jika ada yang membuat sandi dengan menggunakan sembilan simpul, maka kemungkinan untuk ditebak menjadi lebih rumit yakni 140 ribu kali percobaan.
Cara yang dilakukan Loge untuk keperluan tesisnya itu yakni meminta responden untuk berpartisipasi dengan membuat tiga pola dari beberapa keperluan yakni keperluan membuka aplikasi perbankan, aplikasi belanja (shopping), dan membuat smartphone.
Melalui mekanisme itu, Loge menemukan pola yang terdiri dari empat dan lima simpul adalah jenis yang paling sering dipakai, baik oleh pria maupun wanita. Selain itu, Loge juga melihat, sebanyak 10 persen pola kunci dibuat berdasarkan huruf alfabet.

responden kerap menggunakan huruf awal dari nama pasangan dan anak mereka untuk membuat sandi.
Hal menarik lainnya, dirinya juga berhasil mengetahui bahwa laki-laki muda cenderung untuk membuat pola sandi yang kompleks dan sulit ditebak.
Kesimpulannya, untuk membuat pola sandi yang aman, seseorang harus menggunakan sebanyak mungkin simpul serta membuat pola dengan bentuk yang tidak lazim seperti memadukan antara garis horizontal, vertikal, dan diagonal dalam satu pola sandi.


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host